Aktivis HAM: Wartawan adalah Pahlawan

liputaninvestigasi.com - Aktivis HAM, Ronny Hariyanto, menyebutkan bahwa seorang wartawan adalah pahlawan bagi kepentingan umat manusia d...


liputaninvestigasi.com - Aktivis HAM, Ronny Hariyanto, menyebutkan bahwa seorang wartawan adalah pahlawan bagi kepentingan umat manusia dari masa ke masa.

Hal itu ia ungkapkan mengingat betapa mulianya pengabdian dan profesi seorang jurnalis terhadap kepentingan publik dalam sejarah umat manusia. Dan dia juga mengkritisi fenomena kecendrungan sebuah media yang terang - terangan kian bergeser keberpihakannya pada penguasa.

"Berkat pengabdian dan kerja keras seorang wartawan, banyak problem kemanusiaan dan berbagai kasus sosial di dunia ini, seperti kemiskinan, pengangguran, kelaparan, kejahatan perang, ide perdamaian, kejahatan korupsi, kasus kekerasan dan berbagai kasus sosial lainnya terungkap di sepanjang sejarah, maka dari itu layak disematkan gelar pahlawan bagi setiap wartawan yang pro kebenaran dan keadilan," kata Putera Idi Rayeuk itu, Senin 23 Desember 2019.

Menurut Ronny, fungsi jurnalistik itu sangat mengesankan dan luar biasa. Siapapun mereka mesti bangga menjadi seorang wartawan, yang merupakan agen kebenaran dan keadilan.

"Wartawan itu pekerjaan bergengsi, dan kartu Pers yang dipegangnya itu merupakan alat untuk mencari kebenaran, bukan nyari yang lainnya," ujar Ronny.

Ronny mengungkapkan, berprofesi sebagai seorang wartawan bukanlah pekerjaan yang mudah, karena dibutuhkan intelijensia yang tinggi, tekad dan keberanian luar biasa. Hal itu juga disebabkan profesi tersebut penuh tantangan dan marabahaya.

"Jadi jurnalis sejati itu tidak mudah, butuh idealisme, kecerdasan dan keberanian yang cukup dan sebagainya. Harus siap menghadapi tantangan dan godaan yang dapat mempengaruhi objektifitas pemberitaan, juga nyali yang kuat ketika menghadapi ancaman atau intimidasi," ujar mantan Ketua Forum Pers Independen Indonesia (FPII) Provinsi Aceh tersebut.

Ronny mengaku menyampaikan pernyataannya itu demi mendorong rekan - rekannya di dunia Pers, untuk lebih gencar, lebih tajam dan lebih kritis lagi menyajikan pemberitaan, demi tegaknya kebenaran dan keadilan.

"Wartawan sejati itu, menentang segala bentuk ketidakadilan dan kesewenang - wenangan, tugasnya adalah memotret kenyataan, bukan sebaliknya, jangan pegang kartu Pers kalau tidak bisa idealis, apalagi berusaha keras menutup -nutupi kebenaran dari sebuah kenyataan, karena itu adalah pengkhianatan besar terhadap prinsip jurnalistik," ungkap Ronny memberi perumpamaan.

"Setiap media dan jurnalisnya itu punya idiologi dan idealisme masing - masing, tapi satu - satunya idiologi media paling mutakhir saat ini adalah kebenaran dan keadilan, yang harus kita pegang teguh dalam setiap pemberitaan, dan wartawan sejati itu sudah pasti harus idealis," sebut pria yang pernah bergabung di dunia Pers dan jurnalisme investigasi itu sejak masa kuliah di tahun 2000 tersebut

Dia juga meminta semua pihak untuk menghargai profesi seorang wartawan, dan tidak melakukan hal - hal yang tidak pantas kepada setiap pekerja Pers yang bekerja menyuplai kebutuhan informasi bagi kepentingan publik.

"Kalau tidak ada wartawan memberitakan, mungkin banyak kasus tidak terungkap, banyak orang tidak tertolong. Jadi jangan pernah melecehkan, apalagi melakukan pengancaman terhadap wartawan, atau bahkan mencelakai mereka, karena pembangunan peradaban juga tidak akan semaju ini tanpa wartawan," tegas Ronny.

Dia berharap, distorsi yang kerap muncul di dunia Pers, yang dicurigai kerap mengganggu objektifitas pemberitaan, dapat segera dihapuskan, agar terpenuhinya prinsip - prinsip independensi yang selama ini digaungkan.

"Semua keberpihakan, yang menyebabkan tidak objektifnya pemberitaan harus dihapuskan, misalkan mereka yang diduga terlalu berpihak pada pejabat atau penguasa, ketimbang kepada kepentingan publik yang menjadi ladang pengabdiannya, ini merupakan pengkhianatan terhadap kemuliaan itu sendiri. Mereka yang mengkhianati prinsip - prinsip jurnalistik, tidak pantas disebut wartawan. Jurnalis  sejati itu berjuang demi kebenaran dan keadilan, demi kepentingan publik, itu makanya pekerjaan mereka sangat mulia," pungkas owner sebuah media pinggiran itu menutup keterangannya.

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Aktivis HAM: Wartawan adalah Pahlawan
Aktivis HAM: Wartawan adalah Pahlawan
https://1.bp.blogspot.com/-pNApQSdr3io/XgByLzg0i1I/AAAAAAAAOm8/kXn-b0LZGYcHL5hYLLp6zzKlgVFMuOj8wCLcBGAsYHQ/s640/1577087451643.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-pNApQSdr3io/XgByLzg0i1I/AAAAAAAAOm8/kXn-b0LZGYcHL5hYLLp6zzKlgVFMuOj8wCLcBGAsYHQ/s72-c/1577087451643.jpg
Liputan Investigasi
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/12/aktivis-ham-wartawan-adalah-pahlawan.html
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/12/aktivis-ham-wartawan-adalah-pahlawan.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy