Wawalkot Langsa: Budaya dan Adat Istiadat Menjadi Suatu Kekuatan Bhineka Tunggal Ika

Langsa/liputaninvestigasi.com-  Bermacam ragam suku bangsa (Etnis) yang menetap di Kota Langsa menjadikan Kota "Jasa" itu kaya...


Langsa/liputaninvestigasi.com- 
Bermacam ragam suku bangsa (Etnis) yang menetap di Kota Langsa menjadikan Kota "Jasa" itu kaya akan budaya dan adat istiadat yang menjadi suatu kekuatan Bhinneka Tunggal Ika untuk terus dirawat dan dijaga.

Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM menyampaikan bahwa Kota Langsa masyarakatnya sangat hetrogen, multikultural, ada suku Aceh, Jawa, Batak, Padang, Gayo, Melayu, Cina, ini menunjukkan Langsa seperti miniaturnya Indonesia.

"Kota Langsa pantas menjadi miniatur Indonesia dalam hal keberagaman budaya," ucap Marzuki Hamid saat membuka acara Festival Budaya Pesona Pesisir Timur Aceh 2019 di alun-alun Lapangan Merdeka Kota Langsa pada, jum'at (15/11) malam.

Ia menuturkan, dengan banyaknya etnis di Kota Langsa akan menjadi kekayaan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan kepada generasi muda.

Menurutnya, jika budaya dirawat dan dikemas dengan baik tidak hanya menjadi sebuah nilai, namun juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat lewat wisata budaya.

"Kota Langsa tidak begitu besar potensi alam yang dimiliki, maka Langsa harus menjadi kota jasa, salah satunya lewat wisata dan memperkenalkan kebudayaan yang ada di Kota Langsa," tuturnya.

Budaya Aceh tidak bisa dipisahkan dengan syariat Islam, bahkan budaya Aceh tidak ada yang bertentangan dengan Syariat Islam. Dalam hal ini, dirinya mengajak para budayawan dan seniman untuk dapat mengemas budaya dengan tetap memiliki spirit, ruh dan nilai keislaman.

Selain itu, dalam budaya juga ada filosofi yang terkandung, ada semangat gotong royong, semangat juang, serta patuh kepada pemimpin.

"Ketika syekh memberi instruksi berhenti maka semuanya berhenti. Ini hendaknya dapat diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat," pintanya.

Pada kesempatan itu, Marzuki juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Aceh yang telah memilih lokasi untuk pelaksanaan kegiatan dimaksud.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat dan sangat konek dengan visi misi Pemko Langsa. Ini membuktikan Kota Langsa sangat kondusif, aman dan nyaman," sebutnya.

Sebelumnya, Kadis Pendidikan dan kebudyaan Kota Langsa Drs. Suhartini, M.Pd mengatakan, festival budaya pesona pesisir pantai timur Aceh ini dilaksanakan selama tiga hari dengan melibatkan 500 peserta yang terdiri dari para pelajar, mahasiswa dan masyarakat kota Langsa.

Pada kegiatan itu pihaknya mengadakan festival budaya Kota Langsa, festival kuliner, lomba kebudayaan bagi para pelajar, lomba Langsa fashion show culture dan carnaval budaya.

Sementara itu, Kabid sejarah dan nilai budaya  Dinas kebudayaan dan pariwisata Provinsi Aceh Dra. Irmayani  menyebutkan, Ada delapan Etnis di Aceh.

"Aceh sangat istimewa dalam bidang kebudayaan, karena Aceh sangat banyak memiliki ragam budaya," ujarnya.

Menurut Irmayani, budaya harus benar - benar dipelihara dan ditularkan kepada generasi muda, karena karakter anak dapat dibentuk lewat budaya Aceh yang kental dengan Islam. (Fud)

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Wawalkot Langsa: Budaya dan Adat Istiadat Menjadi Suatu Kekuatan Bhineka Tunggal Ika
Wawalkot Langsa: Budaya dan Adat Istiadat Menjadi Suatu Kekuatan Bhineka Tunggal Ika
https://1.bp.blogspot.com/-lVaSaxMDPfU/Xc_pZXkEbxI/AAAAAAAAOJM/XYfOm6UVovY3eq8QqKY9fymrnLbMy-HCgCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20191116-WA0021.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-lVaSaxMDPfU/Xc_pZXkEbxI/AAAAAAAAOJM/XYfOm6UVovY3eq8QqKY9fymrnLbMy-HCgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20191116-WA0021.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/11/wawalkot-langsa-budaya-dan-adat.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/11/wawalkot-langsa-budaya-dan-adat.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy