Cegah Stunting Warga, Desa Blang Keude Sosialisasikan Stunting dan Beri Paket Gizi

Bireuen/liputaninvestigasi.com - Upaya menggelorakan Pencegahan Stunting, Gampong Blang Keude Kecamatan Gandapura menggelar kegiatan Sosi...


Bireuen/liputaninvestigasi.com - Upaya menggelorakan Pencegahan Stunting, Gampong Blang Keude Kecamatan Gandapura menggelar kegiatan Sosialisasi Pencegahan Stunting yang berlangsung di Balai sementara (meunasah sedang rehab lantai dan atap), setempat, Sabtu (26/10/2019).

Keuchiek Gampong Blang Keude, Munzir Thaib, dalam sambutan pembukanya, menyebutkan, kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama P3MD Gandapura, khususnya Pendamping Lokal Desa (PLD), Muspika, Puskesmas Gandapura, Perangkat Gampong, Bidan Desa, Kader Posyandu/BKB dan unsur masyarakat.

"Kami harap, semoga materi yang disampaikan nantinya bisa bermanfaat dan acara berjalan sukses. Terimakasih atas partisipasi semua pihak, Camat dan Kepala Puskesmas Gandapura yang telah berkenan hadir, terkhusus PLD setempat dan Pendamping Desa lainnya," ujar Keuchik Munzir.

Pada kesempatan yang sama Camat Gandapura, Ibrahim, S.Sos mengatakan, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam meningkatkan perilaku hidup sehat guna mencegah Stunting, dan kegiatan ini bagian dari realisasi Dana Desa yang telah di plot pada APBG 2019 dan masih menjadi prioritas ditahun 2020.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Gandapura, dr. Emi Hendriani, turut memberi materi terkait pencegahan stunting dan pemenuhan gizi anak.

Ia menjelaskan, Stunting merupakan sebuah kondisi dimana tinggi badan seorang anak jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang  (anak) seusianya. Penyebab utama stunting, adanya kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan hingga masa awal anak lahir yang biasanya tampak setelah anak berusia 2 tahun atau 1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK).

Di Kecamatan Gandapura, katanya, dari 2460 jumlah estimasi anak tahun 2018 sebanyak 191 anak terindikasi stunting. Sedangkan di Gampong Blang Keude dari 75 jumlah anak sasaran balita (estimasi 2018) hanya 11 anak yang terindikasi stunting, tahun 2019 ini turun menjadi 4 anak yang stunting. Selebihnya 187 anak tersebar di 39 Desa lainnya.

"Untuk itu, kami dari pihak kesehatan berharap, Gampong Blang Keude yang masuk kategori Desa Sehat, dimana setiap rumah warga memiliki Jamban sehat dan bersama Dinkes Bireuen sudah kita lakukan penilaian beberapa waktu lalu. Maka dari itu, mari kita cegah stunting dengan meningkatkan pola hidup sehat, termasuk menjaga pola makanan bergizi untuk anak. Sebab hanya 10 persen stunting dipengaruhi oleh unsur genetika, sedangkan 90 persen lagi disebabkan oleh faktor perilaku hidup sehat dan kecukupan gizi," terang Emi yang dilanjutkan dengan pemateri kedua dari unsur Tenaga Pendamping Profesional (TPP) P3MD Gandapura terkait Konvergensi Stunting.

Pada paparan materi, peran Pemerintah Gampong dalam Pencegahan Stunting sesuai Prioritas Dana Desa Tahun 2019 dan 2020, Sofyan selaku PLD setempat, menjelaskan, kegiatan pencegahan stunting merupakan program nasional yang harus dilaksanakan di setiap desa. Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Desa (Permendes) nomor 16 Tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019 dan Permendes nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020, dimana Stunting masih menjadi prioritas yang masuk ranah pelayanan sosial dasar di desa.

"Kegiatan yang tercantum dalam bidang kesehatan tersebut, selain dari Posyandu, Bina Keluarga Balita (BKB), Penyediaan air bersih, Jamban sehat, rumah layak huni dan sebagainya, itu termasuk dalam upaya pencegahan stunting di gampong. "Kami selaku Pendamping Lokal Desa, Pendamping Desa Kecamatan dan P3MD Kabupaten Bireuen siap memfasilitasi dan pendampingan kegiatan tersebut dan kegiatan lainnya dengan menggunakan Dana Desa," ungkapnya.

Pada kegiatan itu adanya penyerahan paket gizi untuk balita stunting, balita kurang gizi, Ibu hamil KEK, piagam penghargaan untuk Bayi Sehat, Ibu Terajin ke Posyandu dan Ayah Siaga serta puluhan bingkisan untuk anak anak bawah dua tahun lainnya.

Selain Camat Gandapura Ibrahim, S.Sos, Kepala Puskesmas dr. Emi Hendriani, Polsek Gandapura, P3MD Gandapura (PD/PLD), Keuchik Blang Keude, Imum Gampong, Tuha Peut, Perangkat Gampong, tokoh masyarakat, kaum ibu, ibu hamil, dan anak- anak usia balita, Kader Posyandu, BKB, KPM serta Karang Taruna setempat juga ikut berpartisipasi aktif mengikuti acara Sosting tersebut. [SR]

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Cegah Stunting Warga, Desa Blang Keude Sosialisasikan Stunting dan Beri Paket Gizi
Cegah Stunting Warga, Desa Blang Keude Sosialisasikan Stunting dan Beri Paket Gizi
https://1.bp.blogspot.com/-v1DITjuiqVY/XbSVcsolaKI/AAAAAAAANmg/gSYVe85Q_Qs-CHePYssacnEdFTKSWvkPQCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20191027-WA0000.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-v1DITjuiqVY/XbSVcsolaKI/AAAAAAAANmg/gSYVe85Q_Qs-CHePYssacnEdFTKSWvkPQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20191027-WA0000.jpg
Liputan Investigasi
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/10/cegah-stunting-warga-desa-blang-keude.html
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/10/cegah-stunting-warga-desa-blang-keude.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy