29 Oktober Akan Digelar Pesona Festival Mendayung Perahu Hias di Gunung Suku

Takengon/liputaninvestigasi.com - Rowing festival perahu hias yang akan dilaksanakan pada 29 Oktober mendatang yang bertempat di Kampung...


Takengon/liputaninvestigasi.com - Rowing festival perahu hias yang akan dilaksanakan pada 29 Oktober mendatang yang bertempat di Kampung Gunung Suku, Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah.

Kurnia Ara. S.Sos, selaku ketua pemuda Kampung Gunung Suku saat ditemui media ini di kediamanya menyampaikan, ia beserta masyarakat sangat berterimakasih kepada pemerintah Aceh, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tengah pada khusunya Dinas Pariwisata Aceh dan Pariwisata Aceh Tengah yang telah mendukung kegiatan perahu hias ini di tanggul wisata Kampung Gunung Suku Rawe.

Ia mengatakan sangat mendukung penuh segala bentuk kegiatan kepariwisataan yang tujuannya bisa menjadikan masyarakat lebih mencintai wisata dan bisa menunjang penghasilan serta bisa merubah ekonomi masyarakat melalui pariwisata, dan bisa menjadikan pariwisata sebagai lapangan pekerjaaan baru untuk pemuda Kampung Gunung Suku tersebut.

"Kami juga berharap, kedepanya agar pemerintah Aceh dan pemerintah Aceh Tengah agar bisa menjadikan Kampung Gunung Suku itu menjadi Kampung wisata, yang akan menjadi kunjungan yang sangat menarik bagi para wisatawan lokal maupun para wisatawan asing," katanya

Hal senada di sampaikan Ketua Komunitas Festival Romansa Takengon, Alfi sebagai salah satu penyelenggara acara Rowing Festival perahu hias, tujuan acara ini dilaksanakan ingin melestarikan tradisi "silaturrahmi mangan morom seluruh Reje" serta menjadikan kegiatan ini menjadi event tahunan kedepanya.

Alfi menyebutkan, ia sebagai ketua komunitas Festival Romansa Takengon yang saat ini menjadi partner yang menjembati acara Rowing Perahu hias di Gunung Suku yang bekerja sama dengan Kapolres Aceh Tengah bersama Pemuda Kampung Gunung Suku.

Kegiatan Rowing Festival Perahu Hias ini adalah salah satu keinginan Kapolres Aceh Tengah serta Pemuda dan masyarakat setempat, menurut mereka acara ini agar dapat merangsang minat masyarakat Gunung Suku pada khusunya Aceh Tengah.

Menurutnya, pagelaran perahu hias ini diadakan bukan hanya sebatas pagelaran biasa, tapi pagelaran ini juga bisa meningkatkan hasil karya para pemuda untuk di tampilkan di tingkat international nantinya.

Selanjutnya ia berharap kepada seluruh masyarakat Gayo, Aceh, agar melihat langsung acara yang akan di gelar di Kampung Gunung suku itu, selain perahu hias juga menampilkan tarian adat yang di miliki sanggar Desa Gunung Suku tersebut.

Disisi lain yang sangat menarik perhatian, kata Alfi, para penari guel akan menyambut para tamu undangan untuk mengunjungi stand pameran kreatif desa, sekaligus berkunjung ke dapur masak yang di dekor menjadi festival kuliner di acara itu.

Para rombongan yang tiba akan di arahkan menuju tempat duduk kuliner festival serta disuguhkan dengan penampilan musik tradisional, puisi dan dimeriahkan dengan penampilan seni tari.

Sembari menunggu hidangan yang akan di antar oleh talenta tradisi pemuda dan pemudi, para tamu undangan mulai dari Bupati, Kapolres dan seluruh Pemerintah Daerah Aceh Tengah, seluruh Reje (Gheuchik), para Komunitas dan Mahasiswa, serta masyarakat Gayo Aceh, akan melihat atraksi yang di selenggarakan di tengah Danau Lut Tawar.

Hal yang menariknya di acara festival Romansa Takengon ini, Alfi menyebutkan, masing masing perahu hias yang diwakili seluruh desa yang akan menampilkan seni dan budaya di tengah danau Lut Tawar itu, akan di persaksikan seluruh penonton dan para tamu undangan.

Perahu hias yang di anggap memiliki dekorasi paling indah dan kreatif akan mendapatkan berupa hadiah. Serta penampilan para pendayung yang akan di nilai dari kekompakan, semangat, dan memiliki khas yang berbeda dari penyajian dalam festival perahu hias tersebut juga akan di siapkan hadiah.

Peserta rombongan perahu akan mendapatkan Doorprize dan hadiah serta sebagai tambahan diberikan juga kesempatan kepada pengunjung yang hadir di festival melalui mekanisme quiz Interactive atau games.

"Dan di akhir acara akan ditutup dengan Seni Tari, dan do'a bersama," demikian kata Alfi


Penulis : Surya Efendi

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: 29 Oktober Akan Digelar Pesona Festival Mendayung Perahu Hias di Gunung Suku
29 Oktober Akan Digelar Pesona Festival Mendayung Perahu Hias di Gunung Suku
https://1.bp.blogspot.com/-KDTlhgBvrvM/XbQ-9vN75kI/AAAAAAAANl0/srNL8xUEiQYfMbMCukUs0vJLnrE2ODlygCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20191026-WA0042.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-KDTlhgBvrvM/XbQ-9vN75kI/AAAAAAAANl0/srNL8xUEiQYfMbMCukUs0vJLnrE2ODlygCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20191026-WA0042.jpg
Liputan Investigasi
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/10/29-oktober-akan-digelar-pesona-festival.html
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/10/29-oktober-akan-digelar-pesona-festival.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy