Tim Pengawasan Terhadap Aliran Kepercayaan di Aceh Singkil Meninjau Rumah Ibadah Pambi

Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com -  Kejaksaan Negeri Singkil bersama unsur Forkopimda dan instansi terkait, melakukan pengawasan terh...


Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com - 
Kejaksaan Negeri Singkil bersama unsur Forkopimda dan instansi terkait, melakukan pengawasan terhadap aliran kepercayaan yang ada di Aceh Singkil. Rombongan tersebut sekirar pukul 10:00 wib melakukan peninjauan kelokasi yang berada di Kecamatan Danau Paris, Rabu 18 September 2019.

Sesampainya di lokasi tepatnya di Desa Napagaluh yang dimana didesa itu ada aliran kepercayaan yang bernama Persatuan Ugamo Malim Adat Budaya Beringin Indonesia atau (PAMBI).

Para rombongan langsung disambut oleh pengurus Pambi atas nama Rofot Tumangger. Rofot Tumangger dalam sambutan menyebutkan dirinya adalah pengurus tunggal di aliran kepercayaan tersebut.

"Saya pengurus tunggal di Pambi ini, Pambi ini sudah berdiri sejak tahun 1956 dan didirikan oleh kami kepercayaan Pambi pengikut kerajaan Sisingamaraja sebagai Pahlawan Negara Republik Indonesia," kata Ropot.

Ia juga menambahkan, di Kabupaten Aceh Singkil ini kepercayaan Parmalim pihaknya tetap berpatokan dan berlandaskan pancasila, sedangkan kitab kepercayaan kami adalah Pustaha Tembaga Holing dan Tuhan kami Allah Ta'ala.

Aliaran kepercayaan Pambi ini hanya berdiri sebanyak di tiga wilayah Kecamatan tepatnya di Desa Napagaluh, Desa Situbuh-tubuh dan Desa Mandumpang. Kepercayaan Parmalim ini berkembang sejak Zaman penjajahan Kolonial Belanda sebagai bentuk perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia melawan penjajah Kolonial Belanda.

 "Saya sangat menyayangkan sampai saat ini tidak adanya perhatian Pemerintah terhadap kami, padahal kepercayaan kami ini juga terlibat dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia," terang topot dengan nada sedih.

Topot mengatakan sangat senang dengan adanya rombongan yang berhadir karena telah berkunjung ke tempat ibadah mereka. Ia juga berharap kedepan pemerintah daerah dapat memperhatikan mereka.

Penulis: Irwansyah Sambo

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Tim Pengawasan Terhadap Aliran Kepercayaan di Aceh Singkil Meninjau Rumah Ibadah Pambi
Tim Pengawasan Terhadap Aliran Kepercayaan di Aceh Singkil Meninjau Rumah Ibadah Pambi
https://1.bp.blogspot.com/-WfBXbwLSAW0/XYJNwuLJbGI/AAAAAAAALwQ/XMxGcXBbxYcSnyOUvLEvL9dkLZxQIUxLwCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20190918-WA0080.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-WfBXbwLSAW0/XYJNwuLJbGI/AAAAAAAALwQ/XMxGcXBbxYcSnyOUvLEvL9dkLZxQIUxLwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20190918-WA0080.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/09/tim-pengawasan-terhadap-aliran.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/09/tim-pengawasan-terhadap-aliran.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy