Pemkab Aceh Selatan Gelar Apel Kesiapan Personil, Peralatan dan Gladi Posko Dalkarhutla

Aceh Selatan/liputaninvestigasi.com - sebagai langkah keseriusan Pemerintah Daerah dalam menangani masalah kebakaran hutan dan lahan di K...


Aceh Selatan/liputaninvestigasi.com - sebagai langkah keseriusan Pemerintah Daerah dalam menangani masalah kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Aceh Selatan, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), menyelenggarakan apel kesiapan personil dan peralatan Dalkarhutla dilapangan bola kaki Kecamatan Bakongan, Kamis 12 September 2019.

Peserta apel adalah anggota Satgas Dalkarhutla yang merupakan stakeholder terkait antara lain, unsur Kodim 0107/Aceh Selatan, Polres Aceh Selatan, Kajari Tapaktuan, Batalyon 115/ML, Batalyon Brimob Detasemen C, Satpol PP&WH, BPBD, KPH Wilayah VI, Manggala Agni Daops Sibolangit, BKSDA, TNGL, Satgas SAR, PT. ASN,  Siswa SMA 1 Bakongan, dan masyarakat peduli api (MPA), Sub Den POM, Staf Ahli beserta kepala SKPK, para Kabag dilingkungan Pemkab Aceh Selatan, Kabid PK BPBA, para Keuchik, tokoh masyarakat dan Muspika daerah- daerah yang merupakan daerah rawan kebakaran hutan dan lahan dengan jumlah peserta apel gelar pasukan ini berjumlah 550 orang.

Kapolres Aceh Selatan AKP Dedy Satsono ST, yang bertindak sebagai pembina apel, menyampaikan pentingnya tindakan yang tepat dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan, terutama pencegahan yang merupakan tindakan pra bencana.

Komando, koordinatif, dan pencegahan merupakan tiga fungsi yang harus betul-betul optimal dan siap. Dengan melakukan pembinanan, edukasi, sosialisasi agar menjadi benar-benar siap siaga menghadapi bencana.

Dalam amanatnya, sesuai instruksi Presiden nomor 11 Tahun 2015 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla), mengamanatkan bahwa penanggulangan Karhutla tidak hanya melibatkan aparat keamanan dan badan penanggulangan bencana, tapi juga melibatkan seluruh unsur komponen masyarakat. Dengan demikian sumberdaya untuk pengendalian Karhutla mutlak diperkuat.

Sedangkan, Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, Cut Syazalisma, menyatakan tujuan pelaksanaan apel kesiapan personil dan peralatan Dalkarhutla ini dilakukan tidak lain dalam rangka kesiapan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dalam hal ini BPBD, guna melakukan distiminasi informasi seluas luasnya, serta kesiapan peralatan dan personil yang dimiliki pemerintah daerah, sekaligus memastikan pembagian tugas dari masing-masing sektor dalam penanggulangan bencana Karhutla.

Kalak BPBD mengharapkan peran dari semua pihak, karena fungsi yang disampaikan tersebut tidak akan efektif dan produktif tanpa dukungan semua elemen penyelenggara pemerintahan, termasuk penegak hukum, pelaku usaha, dan tentunya masyarakat luas.

"Kami sangat mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung dan berkomitmen untuk serius dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Aceh Selatan ini," tuturnya

Selain gelar pasukan, dalam apel ini juga di pamerkan beberapa sarana Dalkarhutla yang dimiliki Satgas Dalkarhutla Kabupaten Aceh Selatan, dan mensosialisasikan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di lingkup Muspika, sekaligus diakhiri dengan pertunjukan simulasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Di depan para tamu simulasi langsung dipimpin oleh Dansatgas Dalkarhutla Aceh selatan Cut Syazalisma, dengan mempertunjukan praktek penggunaan tandem sebagai sumber air untuk upaya pemadaman titik api yang jauh dari sumber air.||NB.

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Pemkab Aceh Selatan Gelar Apel Kesiapan Personil, Peralatan dan Gladi Posko Dalkarhutla
Pemkab Aceh Selatan Gelar Apel Kesiapan Personil, Peralatan dan Gladi Posko Dalkarhutla
https://1.bp.blogspot.com/-fTXQyF_VQsA/XXo5ywyxPhI/AAAAAAAALlI/OKEtXoQdX5gmpI2ET8bW84sijQIvxXSPwCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20190912-WA0041.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-fTXQyF_VQsA/XXo5ywyxPhI/AAAAAAAALlI/OKEtXoQdX5gmpI2ET8bW84sijQIvxXSPwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20190912-WA0041.jpg
Liputan Investigasi
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/09/pemkab-aceh-selatan-gelar-apel-kesiapan.html
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/09/pemkab-aceh-selatan-gelar-apel-kesiapan.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy