Mbah Pujok Veteran Perang, yang Mulai Terlupakan di Aceh Singkil

Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com- Nasip para veteran pejuang kemerdekaan Indonesia yang saat ini mulai terlupakan oleh waktu, mereka ...


Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com-
Nasip para veteran pejuang kemerdekaan Indonesia yang saat ini mulai terlupakan oleh waktu, mereka yang dulunya maju tak gentar mengusir penjajah dengan mempertaruhkan harta bahkan nyawanya untuk keutuhan Negara Republik Indonesia yang kita cintai ini, Rabu (04/09/2019).

Sebut saja Suradi alias Pujok berumur satu abad merupakan laskar pejuang kemerdekaan wilayah Sumutera. Yang pernah mendapat penghargaan dari Wiranto, Sutomo, Bj Habibie dan piagam Bambu runcing.

Kini ia tinggal bersama anak anaknya di Desa Suka Makmur Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil, dan katanya sudah beberapa tahun ini tidak pernah di undang pada momen hari hari kemerdekaan.

Tubuhnya yang sudah keriput terbungkus kulit, serta sering sakit sakitan akibat penyakit yang dideritanya, hanya bisa beraktivitas di tempat tidurnya saja.

Semasa muda Mbah Pujok bergabung dengan Pasukan Naga Terbang menumpas Kolonial Belanda untuk wilayah Sumatera pada masa agresi, ia ikut bertempur saat menginjak umur 15 tahun.

Mbah Pujok terakhir berpangkat Serma pada saat masih aktif di militer.

Sumantri (anak Pujok) menjelaskan bahwa ayahnya saat ini sering sakit sakitan dan susah untuk beraktivitas diluar rumah, dan lebih banyak menghabiskan waktu di tempat tidurnya.

"Ayah tidak lagi perkasa seperti dulu lagi pada saat menumpas penjajah, kini karena sudah tua, ayah sering sakit sakitan, saat ini ia masih terbaring sakit di tempat tidurnya, dan butuh perhatian," ucap Sumantri.

"Dia sosok yang tangguh bagi kami, dia tidak pernah mengeluh walaupun sakit.
Harapan kami Pemerintah dapat memperhatikan nasip para veteran pejuang kemerdekaan," ucap Sumantri dengan nada sedih.

Saat awak media menanyakan apakah para Veteran seperti mbah Pujok selalu di undang pada saat peringatan hari hari besar, ia menyebutkan beberapa tahun terakhir tidak pernah lagi di undang, dan bahkan pada hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 kemarin Ayahnya juga tak mendapat undangan.

"Saya masih ingat kala itu terakhir Bapak di undang pada masa Pemerintahan Pak oyon," terang Sumantri.


Penulis: Rusid Hidayat Berutu

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Mbah Pujok Veteran Perang, yang Mulai Terlupakan di Aceh Singkil
Mbah Pujok Veteran Perang, yang Mulai Terlupakan di Aceh Singkil
https://1.bp.blogspot.com/-_jBpUgZsda4/XW--oQOHnDI/AAAAAAAALRc/wqDgtmJHOJMbfIGehFKTuIIxiaKQs85hQCLcBGAs/s640/IMG-20190904-WA0028.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_jBpUgZsda4/XW--oQOHnDI/AAAAAAAALRc/wqDgtmJHOJMbfIGehFKTuIIxiaKQs85hQCLcBGAs/s72-c/IMG-20190904-WA0028.jpg
Liputan Investigasi
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/09/mbah-pujok-veteran-perang-yang-mulai.html
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/09/mbah-pujok-veteran-perang-yang-mulai.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy