Bursa Inovasi Desa Kecamatan Labuhanhaji, Ini Harapan Wakil Bupati Aceh Selatan

Aceh Selatan/liputaninvestigasi.com - Bursa Inovasi Desa Kecamatan Labuhanhaji tahun 2019, dengan mengangkat tema Gampong Berinovasi Menu...


Aceh Selatan/liputaninvestigasi.com - Bursa Inovasi Desa Kecamatan Labuhanhaji tahun 2019, dengan mengangkat tema Gampong Berinovasi Menuju Labuhanhaji Hebat. Datang, Komit dan Tiru.

Acara yang digelar pembukaan oleh Wakil Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran, berlangsung di Aula Gedung SPNF SKB Labuhanhaji, Kamis 12 September 2019.

Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya untuk menjembati pemerintah desa dalam berinovasi, kretiatif dan juga sebagai upaya untuk mengentaskan kemiskinan dengan lahirnya berbagai program inovasi bagi masyarakat.

Reza Utama selaku ketua Tim Program Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Labuhanhaji, berharap pemerintah desa dan perangkat gampong, untuk dapat komitmen dalam mengikuti bursa ini agar bisa di implentasikan serta ditirukan menjadi salah satu program prioritas nantinya.

Sementara Camat Labuhanhaji Gusmawi Mustafa, dalam sambutannya menyatakan, Bursa Inovasi Desa (BID) merupakan kegiatan yang penting, ini program awal dan peluang untuk dimasukkan melalui anggaran desa, sehingga menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat gampong.

Kepada masing-masing gampong diharapkan komitmen untuk ditargetkan pada program inovasi desa melalui anggaran desa.

"Kecamatan Labuhanhaji sedang finalisasi RPJMG, hal itu sedang dilakukan, kita gerak cepat dalam penyesuaian RKPG," ungkapnya

Sementara itu Wakil Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran dalam sambutan dan arahannya menyampaikan, bahwa Pemkab Aceh Selatan sebagai salah satu Kabupaten yang menjalankan Program Inovasi Desa (PID) berkeinginan besar agar antar gampong saling bertukar gagasan dan ide kreatif serta merefleksikan inovasi yang sesuai dengan kondisi gampong masing-masing pada perencanaan kegiatan di tahun-tahun mendatang.

"Komitmen kita semua terutama untuk membentuk berbagai inovasi pembangunan di gampong-gampong, seperti bidang pendidikan, kewirausahaan, kesehatan dan teknologi informasi," katanya

Melalui kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) ini diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif, sehingga desa akan lebih efektif dan efisien dalam menyusun penggunaan dana desa. Hal itu juga sebagai investasi dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

Menurut wakil Bupati, dengan inovasi yang dihasilkan akan membuat perubahan besar bagi desa, SDM yang semakin bersaing, Infrastruktur menjadi lebih baik, secara tidak langsung menggerakkan ekonomi di desa dan berimbas pada perubahan/Indeks ekonomi Kabupaten Aceh Selatan untuk menyeluruh.

Pemanfaatan dana desa menumbuhkan kebutuhan jasa layanan teknis bagi desa dalam mewujudkan pembangunan yang lebih inovatif dan berkualitas, sehingga perlu mengakses penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) yang profesional karena mempengaruhi kualitas perencanaan dan pembangunan desa.

Karena itu dengan agenda Bursa Inovasi Desa ini akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi serta produksi masyarakat yaitu berinovasi baru sesuai kebutuhan masyarakat.

"Kami berharap para peserta melalui Bursa Inovasi Desa memiliki wawasan yang luas dan pola pikir yang berkelanjutan senantiasa sesuai kondisi kekinian. Juga para tim Inovasi Desa agar mendorong berbagai program inovasi baru, yang terus bersinergi dengan program dari Pemerintah daerah serta mengembangkan konsep yang ada untuk meningkatkan berbagai hal yang bersifat konstruktif sesuai perundang-undangan yang berlaku," tuturnya

Selain itu, Tgk Amran berharap kepada para Keuchik dan Perangkat gampong, dalam hal pengelolaan dana desa agar untuk dapat dikelola dengan baik dan semaksimal mungkin sehingga tidak berdampak pada proses hukum.

"Mari untuk bersinergi dengan berbagai program dari Kabupaten, bisa diterapkan di desa dan mari dukung berbagai terobosan program di tingkat Kecamatan Labuhanhaji," ajaknya.

"Kita tidak membedakan antara pembangunan Labuhanhaji dengan Kecamatan lainnya yang ada dalam Kabupaten Aceh Selatan, akan tetapi kita bersama terus upayakan terhadap pemerataan pembangunan daerah, demi mewujudkan Aceh Selatan hebat," tutupnya.

Adapun acara tersebut selain dihadiri Wakil Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran berserta Istri (Khailida), juga ikut serta hadir Kepala Dinas DPMG Drs Zulhelmi, Kepala Bappeda diwakili Rusmansyah,S.Pi, TA P3MD Aceh Selatan, anggota DPRA dari Dapil 9 Aceh Tgk.H.Attarmizi Hamid, unsur Muspika Labuhanhaji (Camat Gusmawi Mustafa SE, Kapolsek Iptu Amril Bakhri SH, Koramil Syamsul Hadi) MAA Labuhanhaji, Imum Mukim, Keuchik dan Tuha Peut se Labuhanhaji, KUA Labuhanhaji, Kepala UPTD Puskesmas Labuhanhaji, perwakilan organisasi kepemudaan, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.||NB.

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Bursa Inovasi Desa Kecamatan Labuhanhaji, Ini Harapan Wakil Bupati Aceh Selatan
Bursa Inovasi Desa Kecamatan Labuhanhaji, Ini Harapan Wakil Bupati Aceh Selatan
https://1.bp.blogspot.com/-6XY-OwEycsk/XXn9uMYfvKI/AAAAAAAALkw/n5ss87_BcFQji8z3Q9rjs9KXWBCHJNdIACLcBGAsYHQ/s640/IMG-20190912-WA0022.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-6XY-OwEycsk/XXn9uMYfvKI/AAAAAAAALkw/n5ss87_BcFQji8z3Q9rjs9KXWBCHJNdIACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20190912-WA0022.jpg
Liputan Investigasi
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/09/bursa-inovasi-desa-kecamatan.html
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/09/bursa-inovasi-desa-kecamatan.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy