Tokoh Muda Aceh Barat: Wali Nanggroe Menjadi Solusi Aceh atau Bencana?

liputaninvestigasi.com - Aceh merupakan daerah yang mempunyai otonomi khusus melalui Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah...


liputaninvestigasi.com - Aceh merupakan daerah yang mempunyai otonomi khusus melalui Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh (UUPA). Melalui UUPA ini, Indonesia memberikan wewenang khusus kepada provinsi Aceh, salah satunya seperti membuat Qanun (peraturan).

Salah satu kekhususan Aceh yang tertulis di dalam UUPA yaitu adanya sebuah lembaga adat yang disebut dengan Lembaga Wali Nanggroe (LWN). Pada dasarnya LWN ini sebagai perjanjian dari kesepakatan damai (MoU Helsinki) di Swedia.

Selanjutnya, dituangkan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh yaitu pasal 96 ayat (4) dan Pasal 97 tentang Wali Nanggroe. LWN ini tujuannya sebagai pemersatu rakyat Aceh, pemelihara adat istiadat Aceh, menegakkan keadilan, mewujudkan pemerintahan Aceh yang makmur dan sejahtera, menjaga perdamaian Aceh dan masih banyak lagi.

Tokoh Muda Aceh Barat Sulthan Alfaraby yang sekaligus pegiat diskusi mengatakan, bahwa semua hal dan fungsi LWN belum sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat Aceh.

Menurutnya, saat ini, LWN sepertinya hanya menjadi sebuah pajangan dan tontonan masyarakat dengan gedungnya yang megah dan anggaran yang dinilai boros dan tidak transparan. Selain itu fungsinya sebagai lembaga adat yang mempersatukan masyarakat Aceh juga belum dirasakan masyarakat.

"LWB sekarang menjadi solusi Aceh atau bencana?, sepertinya tidak ada kinerja yang jelas dari lembaga ini yang berpengaruh bagi masyarakat Aceh," katanya

Ia juga menyebutkan, banyak pemuda, mahasiswa dan masyarakat biasa mungkin belum atau tidak mengetahui apa fungsi dari lembaga ini, dan tidak merasakan efektifitas kinerja dari lembaga adat Aceh ini. Masyarakat hanya mengetahui nama lembaga ini saja. "Lembaga Wali Nangroe terkesan hanya sebagai lembaga pajangan, ini yang saya prihatinkan sebagai pemuda Aceh." ujar Sulthan.

Lembaga Wali Nanggroe menjadi salah satu bukti perdamaian antara Aceh dengan Indonesia. Lembaga ini lahir melalui sebuah kesepakatan damai (MoU Helsinki) dan telah dicantumkan di dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006.

Terkait fungsi Lembaga Wali Nanggroe, aktivis mahasiswa ini juga berpandangan bahwa apa yang terjadi saat ini harus bisa menjadi nilai dan bahan evaluasi untuk Pemerintah Aceh dan Wali Nanggroe sendiri, agar lembaga ini bisa menjalankan tugas dan fungsi secara maksimal tujuannya didirikan.

"Saya tidak kontra dan meminta agar LWN bubar, tapi yang saya inginkan sebagai pemuda Aceh adalah LWN ini bisa dimaksimalkan fungsinya, apalagi LWN menjadi simbol kebanggaan dan perdamaian Aceh," pintanya

"Saya meminta Pemerintah Aceh supaya masyarakat bisa merasakan fungsinya dan tidak terjadi lagi berita-berita yang tidak enak dibaca tentang LWN, kabar-kabar yang tidak enak tentang LWN juga tidak enak jika dibaca oleh orang luar Aceh. Mungkin itu saja." tambah Sulthan.

Mahasiswa UIN Ar-Raniry ini juga berharap, dengan segala kekurangan fungsi dari Lembaga Wali Nanggroe diharapkan segala lapisan masyarakat bisa saling memberikan ide dan masukan kepada Pemerintah Aceh dan jangan saling menjatuhkan, apalagi Lembaga Wali Nanggroe merupakan simbol kehormatan atas kedamaian Aceh, "segala fungsi-fungsi Wali Nanggroe wajib bisa dimaksimalkan, bukan dibubarkan," demikian ungkap Tokoh Muda Aceh Barat tersebut.

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Tokoh Muda Aceh Barat: Wali Nanggroe Menjadi Solusi Aceh atau Bencana?
Tokoh Muda Aceh Barat: Wali Nanggroe Menjadi Solusi Aceh atau Bencana?
https://1.bp.blogspot.com/-8qdhi2fwIMk/XUkS_Lic0qI/AAAAAAAAJz4/BEGXHj4StBMv4EgfybPvC4l1v6St-A25gCLcBGAs/s640/1565069999166.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-8qdhi2fwIMk/XUkS_Lic0qI/AAAAAAAAJz4/BEGXHj4StBMv4EgfybPvC4l1v6St-A25gCLcBGAs/s72-c/1565069999166.jpg
Liputan Investigasi
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/08/tokoh-muda-aceh-barat-wali-nanggroe.html
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/08/tokoh-muda-aceh-barat-wali-nanggroe.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy