Hutan Rawa Singkil Lae Tereup Akan Jadi Obyek Wisata Terbaik Dunia

Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com- Wilayah Ekosistem Lauser yang di dalamnya ada hutan rawa, namanya Lae Tereup, berjarak 15 menit per...


Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com-
Wilayah Ekosistem Lauser yang di dalamnya ada hutan rawa, namanya Lae Tereup, berjarak 15 menit perjalan dari ibu kota Aceh Singkil. Kamis (22/08/2019).

Hutan Rawa Lae Tereup adalah bagian dari kawasan ekosistem leuser dan merupakan tempat hidup berbagai satwa liar endemik yang dilindungi seperti Harimau Sumatra, Gajah Sumatera, Orang utan Sumatera, Buaya, Beruang Madu, Kucing Emas, Mentok Rimba, Gibbon, Siamang, Kedih, Rusa, Kijang. Rangkong Badak, Bangau tong-tong ada didalamnya.

Berdasarkan SK Nomor: 859/MenLKH/Sekjen PLA/11/2016, luas Suaka Margasatwa Rawa Singkil ditetapkan menjadi 81.802,22 hektar pada tahun 2016.

Saat ini Rawa Singkil menjadi perhatian Pemerintah Pusat, untuk di jadikan obyek wisata dengan hadirnya Deputi dan rombongan dari Kementrian untuk melihat secara langsung keindahan yang disuguhkan oleh alam rawa singkil, yang masih terjaga kelestariannya dan menjadi pusat Paru Paru Dunia.

Wakil Bupati Aceh Singkil H. Sazali menjelaskan bahwa saat ini hutan Rawa Lae Tereup menjadi pusat perhatian Pemerintah, bagaimana tidak Hutan Rawa Singkil satu satunya Hutan Rawa Yang terjaga keasriannya didunia, dan dapat di jadikan obyek Wisata Internasional bila dikelola dengan sungguh sungguh.

Mengenai Hutan Rawa Singkil Lae Tereup keseluruhannya akan ditangani oleh Kemenko Kemaritiman bekerjasama dengan instasi terkait, "saat ini kita belum tahu secara pasti apa yang akan dikembangakan kedepan, namun secara sederhana untuk sementara kita akan bangun terminal di daerah tepatnya di Desa Kilangan untuk Start para turis nantinya memulai perjalanan kehutan rawa Singkil Lae Tereup," Ucap Sazali.

Ia menambahkan, pemerintah tingkat ll atau Pusat juga akan menyiapkan Speedboat rawa sebagai alat transportasi bagi turis.

Menurut wakil Bupati, saat ini yang menjadi perhatian utama ialah di segi pengamanannya dari perambah-perambah hutan, dan itu di upayakan tidak adalagi dengan pengawasan yang ketat, namun masyarakat yang menggantungkan mata pencahariannya di daerah rawa tersebut, sehingga pihaknya mengusulkan ke pemerintah pusat agar mereka di carikan solusi pekerjaan yang lain.

Sazali menyebutkan dengan keberadaan Hutan Rawa Lae Tereup  dijadikan sebagai kawasan penyangga Danau Toba.

"Pemerintah daerah sudah menyampaikan laporan dan usulan, dan pemerintah pusat telah menurunkan Deputi Kemaritiman dan beberapa pengusaha, jadi pengembangan pariwisata di Singkil nantinya secara pembangunan insfrastruktur, regulasi dan lain lain ditangani oleh pemerintah tingkat satu dan pusat sedangkan untuk pengembangan parawisata itu sendiri kita harapkan dari pihak Swasta," pinta Sazali.

"Untuk kapan dimulai kita masih menunggu panggilan dari pusat untuk rapat koordinasi dengan kementrian terkait", tutupnya.


Penulis: Rusid Hidayat Berutu

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Hutan Rawa Singkil Lae Tereup Akan Jadi Obyek Wisata Terbaik Dunia
Hutan Rawa Singkil Lae Tereup Akan Jadi Obyek Wisata Terbaik Dunia
https://1.bp.blogspot.com/-7QylEcO5dqQ/XV6qMBl_lxI/AAAAAAAAK4M/Ng7IT67EiZ4CWHa93mSDm6CUY0m5feLqgCLcBGAs/s640/IMG-20190822-WA0031.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-7QylEcO5dqQ/XV6qMBl_lxI/AAAAAAAAK4M/Ng7IT67EiZ4CWHa93mSDm6CUY0m5feLqgCLcBGAs/s72-c/IMG-20190822-WA0031.jpg
Liputan Investigasi
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/08/hutan-rawa-singkil-lae-tereup-akan-jadi.html
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/08/hutan-rawa-singkil-lae-tereup-akan-jadi.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy