Mahasiswa Aceh di Bandung Gelar Aksi Penolakan PT EMM

Bandung/liputaninvestigasi.com - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Aceh (Ikapa) Kota Bandung menggelar aksi unjuk rasa...


Bandung/liputaninvestigasi.com - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Aceh (Ikapa) Kota Bandung menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Merdeka, Kota Bandung. Mereka menolak keberadaan PT Emas Mineral Murni (EMM) di bumi Serambi Mekah.

Dalam aksinya mereka membawa berbagai atribut seperti spanduk, poster berisi berbagai tuntutan. "Kami mahasiswa asal Aceh dari berbagai kampus di Kota Bandung, tiba di depan Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, sekitar pukul 16.30 WIB," kata Ketua IKAPA, Nazar. Jumat (12/4/2019).

Sejumlah perwakilan mahasiswa secara bergantian menyampaikan orasinya dengan penuh semangat. Mereka dengan tegas menolak keberadaan PT EMM di bumi kelahiran mereka.

Aksi unjuk rasa ini sebagai bentuk solidaritas atas perjuangan mahasiswa yang sedang berjuang menolak keberadaan PT EMM di Aceh. Aksi ini digelar secara serentak di beberapa kota besar seperti Medan, Bandung, Yogyakarta dan Malang.

"Ini aksi solidaritas kita mahasiswa Aceh yang adai di Bandung terhadap mahasiswa Aceh yang ada di Aceh. Mereka sedang menolak PT EMM yang ada di Kabupaten Nagan Raya, Aceh Tengah dan Aceh Barat yang berdiri di hutan nasional Leuser," katanya.

Selain itu Ia juga mengatakan, aksi tersebut juga sebagai bentuk respons dari mahasiswa Aceh di Bandung untuk menuntut pengusutan atas aksi kekerasan yang dilakukan aparat kepada mahasiswa Aceh yang sedang melakukan aksi. Mereka mengutuk aksi kekerasan tersebut.

"Kami lihat ini bukan yang wajar sudah bungkam ruang demokrasi, kami desak untuk usut kekerasan ini," ucap Nazar

Lanjutnya, mahasiswa Aceh di Bandung, ikut menyuarakan penolakan keberadaan PT EMM. Karena secara izin perusahaan tambang tersebut bermasalah. Berdasarkan perjanjian damai antara Aceh dengan Pemerintah Indonesia di Helsinki mengatur kekhususan Aceh termasuk mengatur dalam mengelola sumber daya alamnya sendiri.

"Secara struktural izin PT EMM bermasalah. Kalau mengacu pada UUPA (Undang-Undang Pemerintah Aceh) harusnya yang beri izin tambang apapun itu, Gubernur. Tapi ini Menteri ESDM yang beri izin, menyamakan seperti daerah lain, padahal Aceh daerah otonomi khusus)," katanya.

Menurutnya, keberadaan PT EMM bisa merusak alam. Apalagi keberadaannya berada di hutan nasional Leuser dan berpotensi merusak sumber air di wilayah Kabupaten Nagan Raya, Aceh Tengah dan Aceh Barat.

"Alasan lain karena PT EMM ini ada di Hutan Lindung. Bisa merusak sumber air di Aceh Barat, Aceh Tengah dan Nagan Raya. Air di 3 Kabupaten dan 70 desa bisa tercemar," ucapnya.

Dia menegaskan akan terus berjuang untuk menyuarakan penolakannya. Pihaknya bahkan mengancam akan menggelar aksi di Jakarta bersama mahasiswa Aceh di kota lainnya bila PT EMM tidak benar-benar angkat kaki dari Bumi Serambi Mekah.

"Ini suport moral ini beri tahu, mereka tidak sendiri, mahasiswa Aceh di Bandung juga punya konsen. Setelah Plt Gubernur turun menemui massa, aksi disana kami ingin katakan ini belum selesai. Jangan terjebak euforia sesaat karena belum menguntungkan rakyat saat ini,"Tutupnya

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Mahasiswa Aceh di Bandung Gelar Aksi Penolakan PT EMM
Mahasiswa Aceh di Bandung Gelar Aksi Penolakan PT EMM
https://4.bp.blogspot.com/-a-wTILW6LUg/XLDFlvu2W5I/AAAAAAAAGp8/hhTDYzYcW8UTJ0ZBVwO2wbcn2YHDRkXpwCLcBGAs/s640/IMG-20190412-WA0013.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-a-wTILW6LUg/XLDFlvu2W5I/AAAAAAAAGp8/hhTDYzYcW8UTJ0ZBVwO2wbcn2YHDRkXpwCLcBGAs/s72-c/IMG-20190412-WA0013.jpg
Liputan Investigasi
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/04/mahasiswa-aceh-di-bandung-gelar-aksi.html
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/04/mahasiswa-aceh-di-bandung-gelar-aksi.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy