RSUDZA Membantah Memberikan Pelayanan Buruk dan Telantarkan Pasien

BANDA ACEH - Terkait pernyataan dari pihak YARA yang menyatakan pelayanan buruk terhadap pasien saat berobat ke Rumah Sakit Umum Daer...



BANDA ACEH - Terkait pernyataan dari pihak YARA yang menyatakan pelayanan buruk terhadap pasien saat berobat ke Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA) mendapat bantahan dari pihak rumah sakit tersebut. Membantah bahwa pasien ditelantarkan, bahkan pasien diduga sengaja menjatuhkan diri ke lantai setelah menendang tensi monitor yang berada di atas meja dokter.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA) Rahmady S.KM kepada media ini. Senin (11/12/2018) sore.

Rahmady menjelaskan kronologis terkait dengan adanya dugaan penelantaran pasien yang bernama Samsul Bahri (38), di Instalasi Gawat Darurat (IGD), Senin 10 Desember 2018, sehingga menyebabkan pasien terjatuh dari kursi roda. Pasien merupakan keluarga dari salah satu pasien di ruang arafah, dia (Samsul) dibawa oleh keluarga sekitar pukul 01.30 WIB, lewat pintu belakang dengan cara didorong menggunakan kursi roda. Kemudian pasien langsung diarahkan ke depan meja dokter umum. Pada saat bersamaan, dari pintu depan IGD datang pasien rujukan dari Rumah Sakit Kesdam dengan penurunan kesadaran dan di ruang resuitasi pasien yang sedang dirawat mengalami pemburukan.

"Setelah dokter jaga IGD, yakni dr Mira melayani pasien penurunan kesadaran dari RS Kesdam itu, kemudian mendatangi pasien Samsul Bahri dan menanyakan keluhan. Keluarga saat itu menjawab pasien sudah tiga hari menjaga istri yang sedang dirawat, tiba-tiba beliau (Samsul Bahri) demam". Jelas Rahmady.

Dilanjutkannya, Setelah melakukan penilaian cepat, diputuskan pasien prioritas 3 (hijau) atau ESI 4. Bahkan dr Mira sempat menjelaskan kepada keluarga pasien yang mengantar bahwa ada pasien gawat (P1), jadi dokter harus menangani pasien gawat terlebih dahulu.

Saat itu keluarga pasien mengiyakan untuk bersabar. Tiba-tiba pasien menaikan kaki ke atas meja dokter dan menendang tensi monitor yang ada dihadapannya dan sengaja menjatuhkan diri dari kursi roda.

Melihat kondisi pasien yang sengaja menjatuhkan diri, dr. nurul dan Ns. Rahmat mengangkat pasien (Samsul Bahri) ke atas tempat tidur yang baru saja tersedia setelah pasien lainnya dipindahkan ke ruang rawat. Saat itu, memang kondisi IGD sangat ramai, pasien terus berdatangan. Bahkan dalam waktu berdekatan, ada enam pasien rujukan tiba di IGD. Keluarga pasien lain juga serentak melihat ke arah pasien Samsul Bahri, bahkan ada yang bertanya kenapa yang bersangkutan bisa berlaku seperti itu.

Kemudian sekitar pukul 01.40 WIB, dr Nurul memeriksa Samsul Bahri dan mengintruksikan Ns Rahmat untuk memasang infus, mengambil sampel darah untuk pemeriksaan labotorium dan memberikan obat novalgin lewat infus. Lalu dr Nurul memberitahukan keluarga pasien untuk mendaftar di loket pendaftaran. Lanjut, pasien dan keluarga diedukasi bahwa pasien akan di observasi terlebih dahulu sembari menunggu hasil dari labotorium.

"Pukul 07.30 WIB, demam pasien sudah berkurang, nyeri kepala berkurang tetap sedikit. Hasil labotorium dalam batas normal, kemudian dr Nurul memutuskan konsul ke bagian penyakit dalam karena nyeri kepala belum hilang. Setelah diperiksa ulang dari bagian penyakit dalam dr Price Maya, Sp.PD menyatakan yang bersangkitan boleh berobat jalan," Tutupnya

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: RSUDZA Membantah Memberikan Pelayanan Buruk dan Telantarkan Pasien
RSUDZA Membantah Memberikan Pelayanan Buruk dan Telantarkan Pasien
https://3.bp.blogspot.com/--emb_c9-Hrw/XA86SB4RcCI/AAAAAAAAFM0/5j2ZoI1N9GUoKIj2UUHHTOUZUC97RDiIgCLcBGAs/s640/Screenshot_2018-12-11-11-16-29-914_com.android.chrome.png
https://3.bp.blogspot.com/--emb_c9-Hrw/XA86SB4RcCI/AAAAAAAAFM0/5j2ZoI1N9GUoKIj2UUHHTOUZUC97RDiIgCLcBGAs/s72-c/Screenshot_2018-12-11-11-16-29-914_com.android.chrome.png
Liputan Investigasi
http://www.liputaninvestigasi.com/2018/12/rsudza-membantah-memberikan-pelayanan.html
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2018/12/rsudza-membantah-memberikan-pelayanan.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy