Fachrul Razi: Aceh Tidak Akan Maju dan Bermartabat Karena UUPA Bertentangan dengan MoU Helsinki

liputaninvestigasi.com - Senator DPD RI H. Fachrul Razi, MIP mengatakan bahwa Aceh tidak akan maju dan bermartabat karena 16 Poin UUPA be...


liputaninvestigasi.com - Senator DPD RI H. Fachrul Razi, MIP mengatakan bahwa Aceh tidak akan maju dan bermartabat karena 16 Poin UUPA bertentangan dengan MoU Helsinki dan 11 Poin belum Dilaksanakan. Demikian disampaikan oleh Pimpinan Komite I DPD RI yang juga Senator asal Aceh saat menjadi pembicara dalam dialog memaknai perdamaian Aceh di Mes Aceh, Jakarta, Rabu (14/8/2019). “16 Poin tersebut merupakan pasal krusial, dan menyangkut kemajuan dan keadilan bagi Aceh” jelas Fachrul.

Menurut Fachrul Razi, 16 point dalam UUPA masih bertentangan dengan MoU Helsinki, sementara 11 point belum dilaksanakan sama sekali, 26 point sudah selesai seiring berakhirnya tugas AMM  dan 1 Point bidang penyelesaiaan perselisihan sesuai pasal 6 poin C Mou Helsinki. “Artinya baru 17 point yang dilaksanakan sesuai dengan MoU Helsinki,” tegas Fachrul Razi.

Dirinya merekomendasikan agar UUPA direvisi sesuai dengan MoU Helsinki. “Pemerintah pusat tidak perlu curigai dan apriori dengan perjanjian damai ini karena dengan membangun kepercayaan kedua belah pihak perdamaian abadi dapat terwujud melalui suatu proses yang demokratis dan adil dalam negara kesatuan dan konstitusi Republik Indonesia.

Dirinya mengatakan bahwa tujuan perdamaian Aceh melalui MoU Helsinki adalah penyelesaian konflik Aceh secara damai, menyeluruh, berkelanjutan dan bermartabat bagi semua. Perjanjian ini melahirkan pemerintahan rakyat Aceh dapat diwujudkan menuju Aceh yang maju dan berhasil.

Dialog itu juga menghadirkan pembicara mantan Wagub Aceh dan Ketua SIRA Muhammad Nazar, juru runding Pemerintah Indonesia Sofyan A. Djalil, Komisioner KKR Aceh M. Daud Beureueh, mantan komisioner Komnas HAM yang juga pengamat perdamaian Aceh Hafidz Abbas, dan Juha Christensen, komunikator dan negosiator perdamaian Aceh.

Senator Aceh ini juga akan berkirim surat kepada Martii Ahtisaari berkaiatan dengan implementasi MoU Helsinki selama 14 tahun belakangan ini. “14 tahun perdamaian Aceh masih berjalan dengan dinamika yang begitu complicated karena adanya ketidakseriusan pemerintah pusat terhadap Aceh,” tutup Fachrul Razi.

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Fachrul Razi: Aceh Tidak Akan Maju dan Bermartabat Karena UUPA Bertentangan dengan MoU Helsinki
Fachrul Razi: Aceh Tidak Akan Maju dan Bermartabat Karena UUPA Bertentangan dengan MoU Helsinki
https://1.bp.blogspot.com/-FxY40wqmm1k/XVU_wK9WsaI/AAAAAAAAKqU/JJrWdLtgMWY0Yl3-sx-cH7HImUstSITvwCLcBGAs/s640/IMG-20190815-WA0022.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-FxY40wqmm1k/XVU_wK9WsaI/AAAAAAAAKqU/JJrWdLtgMWY0Yl3-sx-cH7HImUstSITvwCLcBGAs/s72-c/IMG-20190815-WA0022.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/08/fachrul-razi-aceh-tidak-akan-maju-dan.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/08/fachrul-razi-aceh-tidak-akan-maju-dan.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy