Setnov Jalan Jalan, JARI Desak Menkum HAM copot Kanwil dan Kadiv PAS Jabar

                                                                    Jakarta/liputaninvestigasi.com - Ketua Jaringan Advokasi Rakyat Indon...

                                                                   
Jakarta/liputaninvestigasi.com - Ketua Jaringan Advokasi Rakyat Indonesia (JARI), Safaruddin, SH, mendesak Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, tegas mencopot Kanwil Kemenkumham Jawa Barat atas terbongkarnya kasus terpidana Korupsi E-KTP, Setya Novanto jalan-jalan di sebuah toko bangunan di Padalarang. Jum'at (15/6/2019).

Selain Kanwil, JARI juga meminta Kadiv Pemasyarakatannya juga di nonjobkan dan juga memecat petugas yang terlibat lanngsung dalam kasus tersebut. “kami mendesak agar pak Menteri  mencopot Kanwil dan Kadiv PAS Jawa Barat, serta pecat petugas yang terlibat langsung dalam kasus ini” tegas Safar.

Langkah ini perlu di ambil oleh Menteri Hukum dan HAM dalam upaya revitalisasi pelayanan LAPAS sesuai dengan nilai Nawacita Presiden Jokowi yang ingin mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya dengan memberikan prioritas pada upaya memulihkan kepercayaan publik.

Menurutnya, ketegasan seperti itu penting agar menjadi contoh bagi pejabat dan pegawai lain di jajaran pemasyarakatan, dalam pantauan JARI, kasus yang terjadi di Lapas sudah kerap terjadi dan sebagian besar yang terjadi melibatkan pejabat dan pegawainya, tetapi masih saja terjadi berulang-ulang, ini karena minimnya tindakan tegas dari Kementerian terhadap pejabat dan pegawai yang melakukan pelanggaran.

 “Selama ini kami mamantau kasus-kasus yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan, semakin hari semakin banyak pelanggaran yang terjadi, dan sebagian besar melibatkan pejabat dan pegawai di lingkungan Pemasyarakatan, hal seperti ini terjadi karena tidak ada tindakan tegas dari Kementerian dalam memberikan sanksi kepada mereka yang melakukan pelanngaran” beber Safar.

Momentum kasus Setnov, JARI mendesak agar Menteri Hukum dan HAM mengambil tindakan tegas dengan mencopot para pejabat di  daerah yang bertanggung jawab terhadap LP seperti  Kanwil, Kadiv PAS, selain itu di tingkat LP, harus ada yang di pecat dari pegawai jika terlibat langsung dalam kasus tersebut.

Dengan tindakan tegas ini, JARI berharap agar semua pejabat jajaran Pemasyarakatan tidak lagi bermain api dalam manjalankan tugasnya menjaga LP sesuai dengan aturan perundang-undangan dan Standar Prosedur Oprasional yang telah di tetapkan di lingkungan Direktorat Pemasyarakatan.

"Kasus Setnov ini menjadi pintu masuk bagi Menteri Hukum dan HAM untuk bersih-bersih di lingkungan Direktorat Pemasyarakatan, tindakan tegas dan akan menjadi contoh bagi pejabat yang lainnya dengan mencopot Kanwil dan Kadiv PAS di Jawa Barat, serta jika ada petugas dan pejabat di LP Sukamiskin maka pecat mereka dari pegawai Kementerian Hukum dan HAM, tindakan ini agar menjadi pengingat bagi pejabat dan pegawai yang di tugasi menjaga LP agar bekerja dengan tanggung jawab sebagaimana telah di atur dalam aturan perundang-undangan dan SOP di lingkungan direktorat Pemasyarakatan”, tutup Safar.

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Setnov Jalan Jalan, JARI Desak Menkum HAM copot Kanwil dan Kadiv PAS Jabar
Setnov Jalan Jalan, JARI Desak Menkum HAM copot Kanwil dan Kadiv PAS Jabar
https://1.bp.blogspot.com/-9rH7vjvzfKc/XQS-FIHcnKI/AAAAAAAAHto/qqWZACw4lvcSjxjyiD50KJh92UBCZ7w0gCLcBGAs/s640/1560591760271.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-9rH7vjvzfKc/XQS-FIHcnKI/AAAAAAAAHto/qqWZACw4lvcSjxjyiD50KJh92UBCZ7w0gCLcBGAs/s72-c/1560591760271.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/06/setnov-jalan-jalan-jari-desak-menkum.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/06/setnov-jalan-jalan-jari-desak-menkum.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy