YARA Dan PAKAR AS Menduga Inspektorat Main Mata Dengan Desa Bermasalah

Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com- Ketua yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) perwakilan Aceh Singkil dan Sekjen yayasan Pusat Analisis...


Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com-
Ketua yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) perwakilan Aceh Singkil dan Sekjen yayasan Pusat Analisis Kajian Dan Advokasi Rakyat Aceh (PAKAR) menduga inspektorat Aceh Singkil dan Kepala Desa terindikasi ada permainan kongkalikong terkait pembiaran penyalahgunaan dana desa.

Hal ini di sampaikan Irfan Ependi hari selasa kepada awak media ini melalui whatsapp, Rabu (3/4/2019).

Menurut dia Surat laporan yang dilayangkan YARA dan PAKAR terkait adanya dugaan korupsi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2017 dan 2018 di Desa blok 18 di Aceh Singkil, tidak seperti yang di harapkan sehingga diduga pihak imspektorat dengan Desa terkait ada main mata.

"Tindakan penyalahgunaan Dana Desa blok 18 Kecamatan Gunung Meriah ini seharusnya cepat di audit karena angka yang diduga merugikan negara itu sangat besar, permasalahan ini adalah kejahatan dan perbuatan melanggar hukum, padahal dari laporan kita dengan PAKAR ke Polres Aceh Singkil melalui Unit Tipikor mengatakan telah memanggil Kepala Desa tersebut dan inpektorat juga telah kita panggil dan kita juga perintahkan secepatnya untuk audit desa blok 18 tersebut karena ini menyangkut kerugian Negara," ucap Irfan menirukan.

Ia juga menambahkan terkait nanti hasil LHP Inspektorat kita akan berikan waktu 60 hari dari sekarang untuk Kepala Desa tersebut memulangkan kerugian yang telah ditimbulkan oleh perbuatan Kepala Desa tersebut, dan apabila Kepala Desa tidak bisa memulangkannya maka yang bersamgkutan tersebut sudah tahu konsekuensi hukumnya, terangnya.

Disisi Lain secara Kajian dan analisa Pakar Aceh Singkil, herman menyampaikan dengan besarnya angka yang kita duga mengakibatkan kerugian Negara Sekitar Rp. 473.000.000.

"Saya pribadi tidak yakin Kepala Desa tersebut bisa memulangkan kerugian tersebut dan kita juga meminta pihak Infektorat agar menyurati instansi terkait untuk tidak mencairkan anggaran Dana ke Desa blok 18 Kecamatan Gunung Meriah tersebut sebelum kerugian yang di timbulkan kepala desa blok 18 itu di pulangkan," minta Herman

Padahal menurut Herman dari pihak kecamatan juga telah mendapat laporan dari BPG Desa dan diteken seluruh elemen masyarakat Blok 18 diteruskan Camat dan menyurati Inspektorat untuk secepatnya mengaudit Desa tersebut.

Namun sampai hari ini pihak inspektorat Aceh Singkil nampak menutup mata dan telinga, dari sini patut kita duga lnspektorat ada kongkalikong dengan Kepala Desa, ada apa lnpektorat Aceh Singkil apa menunggu setoran baru turun, Ucap Herman.

Herman menilai Inspektorat tidak serius dan terkesan ibarat bahasa kura- kura diatas perahu alias pura pura tak tahu, dan kita duga lnspektorat tidak profesional dalam bekerja dan mandul menjalankan fungsinya.

Kedua Yayasan tersebut menjelaskan akan secepatnya menyurati Bupati Aceh Singkil terkait inspektorat yang tidak bekerja secara Profesional serta meyurati kejasaan untuk segera memanggil inspektorat untuk diperiksa atas dugaan ikut bersama-sama menutupi kejahatan dan perbuatan melanggar hukum.

Sementara itu saat wartawan liputaninvestigasi.com mengkomfirmasi kepada Kepala Insfektorat, Muhammad Hilal via telepon menjelaskan belum ada menerima laporan dari kedua Yayasan tersebut mengenai Desa terkait.

"Saya belum ada menerima surat laporan dari mereka, mengenai ada kami lakukan persekongkolan jahat dengan Desa terkait  itu tidak benar,  kita tetap menjalan Prosedur sesuai SOP," kata Hilal.

Namun walaupun demikian kita akan bentuk Tim Audit untuk turun ke lapangan, untuk memastikan dugaan penyelwengaan Dana Desa tersebut, tutup Hilal.

Penulis : Rusid Hidayat

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: YARA Dan PAKAR AS Menduga Inspektorat Main Mata Dengan Desa Bermasalah
YARA Dan PAKAR AS Menduga Inspektorat Main Mata Dengan Desa Bermasalah
https://4.bp.blogspot.com/-Uh-yrT2bIF4/XKW9geVD2TI/AAAAAAAAGfk/G-kKzURaAu8HvkdprIOozLJ9jpPZ36ZpgCLcBGAs/s640/IMG-20190404-WA0006.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-Uh-yrT2bIF4/XKW9geVD2TI/AAAAAAAAGfk/G-kKzURaAu8HvkdprIOozLJ9jpPZ36ZpgCLcBGAs/s72-c/IMG-20190404-WA0006.jpg
Liputan Investigasi
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/04/yara-dan-pakar-as-menduga-inspektorat.html
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/04/yara-dan-pakar-as-menduga-inspektorat.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy