Diduga Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah Hanya Menonjolkan Suku Gayo Pada PKA ke-7, Netizen: Bukan PKA Tapi PKG

BANDA ACEH - Perhelatan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) adalah hajatan rakyat Aceh untuk menampilkan ragam citra kebudayaanya secara menyelu...


BANDA ACEH - Perhelatan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) adalah hajatan rakyat Aceh untuk menampilkan ragam citra kebudayaanya secara menyeluruh. Pembukaan PKA Ke-7 kali ini, berbeda dengan PKA sebelumnya yang dibuka secara resmi oleh Presiden. Sementara pembukaan Perhelatan budaya paling akbar se-Aceh kali ini, dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Prof Dr Muhadjir Effendy yang berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Minggu (5/8/2018) malam.

Selain tidak dibuka oleh Presiden, PKA ke-7 ini juga dianggap persiapannya tidak matang, sehingga banyak masyarakat mengeluh dan kecewa dikarenakan tidak bisa menyaksikan acara tersebut, disebabkan tidak di izinkan masuk oleh petugas dengan dalih sudah penuh.

Bahkan, PKA Ke-7 kali ini menuai beragam kritikan dari para netizen, antara lain mengenai entitas Gayo yang dimunculkan terlalu dominan pada perhelatan PKA tahun ini.

Salah seorang Netizen menulis kritikan di media sosialnya terhadap Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah karena dianggap terlalu menonjolkan budaya Gayo dalam perhelatan PKA Ke-7, padahal Aceh memiliki banyak suku, adat dan budaya. Meski Nova Iriansyah orang Gayo, namun sebagai Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah seharusnya berdiri diatas semua kelompok dan golongan.

"Beutoi Gayo nyan cit salah saboh suku yang na di Aceh, hana pat bantah nyan. Nyoe yang peurle ta peugah teungoh dipeuduek PKA, mestilah ta promosi, ta pakek pakaian adat Aceh, keupeu ta pakek pakaian adat Gayo, salah saboh suku yang na di Aceh. Bah pih Plt. Gubernur jinoe awak Gayo, beunetral jeut kepemimpin," tulis Netizen dengan nama akun Facebooknya Shinobi Aceh.

Netizen lain dengan nama akun Facebooknya Firman Alehba, juga menulis kritikan terhadap Plt. Gubernur Aceh tersebut, bahwa di Provinsi Aceh terdapat beragam macam suku. Suku Aceh menjadi suku Mayoritas di negeri Sultan Iskandar Muda Ini. Untuk Adat Budaya dan lainnya, lazimnya Pemerintah menggunakan Adat dan Budaya Aceh sebagai Pemersatu dan tidak lagi berbicara suku. Namun sekarang ini dan mungkin ini mengukir sejarah bahwa acara PKA, Plt. Gubernur Aceh menggunakan Pakaian Adat Suku Gayo di setiap lembaran baliho dan promosi lainnya.

"Adat Gayo, Antara Konsep Resmi PKA dan Sukuisme. Sebelum menulis sedikit, terlebih dahulu minta maaf kepada karib sahabat yang digayo pada umumnya, ini bukan bermaksud menyudutkan Gayo, namun mempertanyakan saja kepada pemimpin kita, Kune Ceritaye.........

Di Prov Aceh terdapat beragam macam suku. Suku Aceh menjadi suku Mayoritas di negeri Sultan Iskandar Muda Ini. Untuk Adat Budaya dan lainnya, lazimnya Pemerintah menggunakan Adat dan Budaya Aceh sebagai Pemersatu dan tidak lagi berbicara suku. Namun sekarang ini dan mungkin ini mengukir sejarah bahwa Acara PKA, Plt Gub Aceh menggunakan Pakaian Adat Suku Gayo di setiap lembaran baliho dan promosi lainnya, Apakah ini Konsep resmi PKA?????

Bisa dikatakan, adat gayo kali ini meramaikan PKA ke-7 di Banda Aceh.
Beragam polemik timbul di masyarakat Aceh pada Umumnya, baik di warung kopi, sampai ke medsos sekalipun. Ini patut di pertanyakan, ya kalau bisa pak Nova memberikan sedikit klarifikasi tentang ini, sebelum masyarakat berasumsi yang bukan bukan," tulis pemilik akun Facebook Firman Alehba.

Menurut penelusuran media ini, ada juga Netizen yang memplesetkan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) menjadi Pekan Kebudayaan Gayo (PKG).

"Acara Pembukaan PKA/PKG di Banda Aceh dalam Resam Adat Gayo Aceh. Kami sangat menghargai keinginan Bapak Nova Iriansyah, karena Bapak Plt. Gubernur Aceh berdarah GAYO yang sangat cerdas, budi pekerti, IQ 200. Mungkinkah ini cara Bapak satu-satunya menghilangkan Adat Aceh dengan cara halus Bapak Nova Iriansyah," tulis pemilik akun Facebook Masa Era Baru.

Pantauan media ini pada pembukaan PKA ke-7 di Stadion Harapan Bangsa pada minggu malam (5/8/2018) adanya panitia membagikan gelang kerawang gayo dan juga shall kerawang gayo. Ketika ditanya, kenapa meski gelang kerawang Gayo, mereka mengaku tidak tahu."Kami hanya disuruh membagikan souvenir gelang kerawang Gayo ini kepada para pengunjung," ujar panitia yang membagikan gelang tersebut.

Panita juga mengatakan bahwa souvenir gelang kerawang Gayo dan Shall kerawang gayo ini disediakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh."gelang kerawang gayo dibagikan secara gratis kepada pengunjung lebih kurang sekitar 4500 dan shall kerawang gayo sebanyak 1500 lembar, ini khusus untuk masyarakat dan pelajar sebagai kenangan PKA ke-7. kata panitia dilapangan saat ditemui pada pembukaan acara tersebut.

Terkait dugaan plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah lebih menonjolkan adat suku Gayo pada PKA ke-7, serta menggenakan pakaian adat Gayo pada acara pembukaan dan baliho. media ini belum dapat konfirmasi langsung, begitu juga mengenai pembagian gelang kerawang Gayo yang disediakan oleh dinas pariwisata Aceh, sehingga berita ini ditayangkan.

Ini data yang dikumpulkan oleh media ini pada laman facebook yang dituliskan oleh netizen.





KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Diduga Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah Hanya Menonjolkan Suku Gayo Pada PKA ke-7, Netizen: Bukan PKA Tapi PKG
Diduga Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah Hanya Menonjolkan Suku Gayo Pada PKA ke-7, Netizen: Bukan PKA Tapi PKG
https://3.bp.blogspot.com/-jLsDDm3w7nY/W2kAEqN8TxI/AAAAAAAAENA/XnWx_5wajsUno-bBMO-VkFcuOLPU-NbfgCLcBGAs/s640/Screenshot_2018-08-07-09-11-03-381_com.instagram.android.png
https://3.bp.blogspot.com/-jLsDDm3w7nY/W2kAEqN8TxI/AAAAAAAAENA/XnWx_5wajsUno-bBMO-VkFcuOLPU-NbfgCLcBGAs/s72-c/Screenshot_2018-08-07-09-11-03-381_com.instagram.android.png
Liputan Investigasi
http://www.liputaninvestigasi.com/2018/08/diduga-plt-gubernur-aceh-nova-iriansyah.html
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2018/08/diduga-plt-gubernur-aceh-nova-iriansyah.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy